Jika ditanya ruang apa yang paling penting dalam sebuah rumah, mungkin dapur jawabnya. Ya, dari sinilah makanan diolah untuk dihidangkan bagi keluarga.

Ruang makan jika ditinjau dari segi feng sui-nya, bisa dikatakan sebagai jantung dari sebuah rumah karena merupakan salah satu ruang berkumpulnya keluarga. Karena merupakan tempat berkumpulnya keluarga, tentu aliran energi di dalam ruangan ini banyak dan berkesinambungan, sehingga dari kacamata feng sui penataan ruang makan mau tidak mau harus diusahakan sesuai dengan kaidah yang ada, agar aliran energi positif dan keberuntungan mengalir dari ruangan tersebut. Memang tidak dapat dipungkiri keberadaan penataan ruangan dengan menggunakan feng sui mengambil peranan penting dalam menata sebuah hunian. Banyak orang percaya energi positif akan mendatangkan hal yang positif pula. Dalam hal ini feng sui merupakan salah satu caranya.

Ruang makan pada umumnya mengambil posisi tepat di tengah-tengah hunian, di antara dapur dan ruang keluarga. Jika dilihat dari feng suinya, ada beberapa aturan tata letak ruang makan yang dipercaya dapat memberikan harmonisasi kestabilan energi positif dalam ruangan tersebut.

a. Tata Letak Ruangan

Fungsi dari ruang makan adalah sebagai sumber energi bagi seluruh penghuninya, oleh karena itu posisi ruangan sendiri perlu diperhatikan, agar tidak terlalu banyak energi yang masuk di dalamnya. Misalnya saja untuk posisi ruangannya sendiri, usahakanlah untuk tidak dekat dengan pintu utama atau ruang tamu, apalagi sampai terlihat dari ruang tamu. Jika memang tidak memungkinkan Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan tirai, sebagai pembatas ruang tamu dengan ruang makan. Kemudian posisi lantai usahakan juga agar lebih tinggi dibandingkan ruangan-ruangan lain. Kemudian hindari ruang makan yang dekat dengan kamar mandi, apalagi dengan dinding yang saling bersebelahan karena dipercaya bahwa energi dari kamar mandi tidak baik, dan kurang sehat terutama jika berinteraksi langsung dengan makanan-makanan yang disajikan di ruang makan tersebut.

b. Letak Meja Makan

Bagian terpenting di dalam ruang makan tentunya adalah meja makan. Percaya atau tidak, posisi penempatan meja pun berpengaruh terhadap energi dari ruangan itu sendiri. Untuk menghindari energi chi yang berlebihan, usahakan untuk menempatkan meja tidak menghadap langsung dengan pintu manapun. Kemudian adanya jendela pada ruang makan cukup penting untuk sirkulasi udara, tapi jangan pula menempatkan dua jendela sekaligus berhadap-hadapan, karena nantinya justru memunculkan energi dari luar yang berlebih. Selain itu, tentu saja ruang makan harus terjaga kebersihannya, karena merupakan tempat asupan makanan kebersihan adalah salah satu kunci untuk makanan yang sehat.

c. Bentuk Meja Makan

Bentuk meja makan rupanya juga berpengaruh apabila dipandang dari kacamata feng shui. Bentuk meja makan yang disarankan adalah bentuk bulat atau persegi. Dikatakan bahwa, bentuk bulat adalah perlambang keharmonisan sementara kotak atau persegi adalah perlambang keberuntungan. Jika Anda memutuskan menggunakan meja dengan bentuk persegi, usahakan agar ujung-ujungnya tidak tajam, sehingga tidak menyakiti siapapun. Kemudian pastikan pula ukuran meja makan yang sesuai dengan ruangannya. Jangan terlalu besar ataupun terlalu kecil. Gunakanlah warna-warna yang menggugah selera makan seperti, hijau, orange, ataupun kuning.

Sekarang, Yuk kita lihatDesain Dapur dan ruang makan karya Indonesia. ( Credit : Majalah Idea )

1. Homey dengan Paduan Kayu dan Bata

Ingin menghadirkan suasana homey di dapur? Mudah, kok. Contoh hunian yang satu ini. Cukup menggunakan perpaduan dari kayu dan batu bata, rasa akrab pun muncul. Mulai dari furnitur, tangga, aksesori  hingga  plafon lantai 2 di diisi oleh dua material tersebut.  Pemilihan lampu berwarna kuning  kian mendukung suasana yang diidamkan. (Foto Adeline Krisanti – Majalah Idea)

Homey-dengan-Paduan-Kayu-dan-Bata

2. Pendar Cahaya Bermotif Flora

Rasa mewah tidak melulu memakai barang yang mahal dan “wah”. Ingin menghadirkan kesan mewah pun juga cukup dengan permainan cahaya. indirect lamp motif flora pada ruang membuatnya tampil lux. Si perancang menyembunyikan lampu di balik partisi berbahan multipleks berlapis melamik. Cahaya lampu lantas ditutup dengan akrilik agar menghasilkan  pendar cahaya yang memesona. (Foto Adeline Krisanti – Majalah Idea )

Pendar-Cahaya-Bermotif-Flora

3. Motif Maroko Hadir di Dapur

Dapur ini hadir dengan warna cerah. Tentunya, ini membuat dapur menjadi lebih ceria dan semangat. Tidak hanya itu, sentuhan Maroko pun terasa. Itu bisa dilihat dari penggunaan ornamen Maroko seperti lampu gantung berbahan tembaga dan ornamen oktagon pada handle pintu. Meja pun berhias mozaik dengan bentuk serupa dengan handle . (Foto Paola Cortese – Majalah Idea)

Motif-Maroko-Hadir-di-Dapur

 

4. Hijau Yang Menyegarkan

Apa yang terlintas jika terdengar kata “hijau”? Pastinya, sejuk dan fresh langsung terlintas. Ruang makan ini terhubung langsung dengan “si hijau” di area luar. Jajaran tanaman sansevieria/lidah mertua  menjadi penyegar di antara pola garis pada dinding rumah. Demikian juga kursi accupunto  berwarna hijau karya Leonard Theosabrata yang ikut menyegarkan suasana ruang makan. (Foto Licco Indrawan – Majalah Idea )

Hijau-yang-Menyegarkan

5. Mengoptimalkan Bukaan di Area Makan

Bukaan salah satu solusi untuk membuat ruang menjadi lapang. Cahaya dan udara alami bebas keluar masuk ruangan. Genting kaca yang dipasang acak di antara genting terakota menjadi aksen menarik. Terlebih saat cahaya menembus masuk ke dalam ruangan. Acara berkumpul di area makan pun menjadi semarak. (Foto Richard Salampessy – Majalah Idea )

Mengoptimalkan-Bukaan-di-Area-Makan

6. Meja Makan dari Gerobak Keliling

Konsep kampung jawa hadir di rumah ini. Caranya, menghadirkan gerobak di rumah! Gerobak di sini berfungsi sebagai meja makan. Tiang rumah  pun menggunakan kayu. Sedangkan backpanel dapur menggunakan pecahan batu kali yang di-coating . (Foto Richard Salampessy – Majalah Idea )

Meja-Makan-dari-Gerobak-Keliling

 

 

Bagikan

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Like us
Categories