Contoh Desain Dapur minimalis terbuka. Kalau zaman dulu dapur mesti selalu diposisi paling belakang dan terkesan tersembunyi dan terisolasi dari bagian-bagian ruang lain dalam rumah. Akan tetapi seiring perkembangan zaman konsep dapur terbuka sudah banyak dikembangkan para depelover dan desainer-desainer property terkemuka, karena memang sudah trendnya begitu saat ini. Konsep dapur terbuka ini sebenarnya dikembangkan sebagai salah satu solusi untuk ruangan-ruangan yang tergolong kecil. Jika ruangan kecil terus disekat untuk menutupi dapur akan terlihat makin sempit, karena itu akan sangat baik jika desain dapur terbuka ini diterapkan untuk anda yang memiliki ruangan yang tergolong kecil.

Konsep dapur terbuka ini sebenarnya banyak diaplikasikan pada jenis dapur bersih atau biasa disebut dapur kering. Dapur bersih ini biasanya terbuat dari kabinet-kabinet dan panel-panel yang tersusun dengan rapi dan apik sehingga membentuk sebuah Model dapur yang cantik. Dapur terbuka ini biasanya terintegrasi langsung dengan ruang keluarga, sehingga seluruh aktivitas ibu akan terkoneksi langsung dengan anggota keluarga lainnya yang ada di ruang keluarga. Dengan demikian dapat anda bayangkan komunikasi antar penghuni rumah tentu akan tetap bisa berjalan baik walaupun ibu sedang sibuk di dapur dan anak-anak atau suami sedang bermain dan menonton di ruang keluarga. Sebuah konsep keterbukaan yang bagus bukan? Coba perhatikan gambar dapur minimalis terbuka di bawah ini, mungkin akan lebih bisa memberikan anda gambaran jelas konsep dapur terbuka ini.

Desain Dapur minimalis terbuka
Desain Dapur minimalis terbuka

Untuk desain Dapur minimalis terbuka sangatlah variatif karena memang sedang banyak dikembangkan para desainer-desainer terkemuka dibidang property. Anda akan dengan mudah mendapatkan model-model dapur kabinet terbuka di berbagai media online maupun offline. Pada dasarnya desain dapur minimalis terbuka tidaklah jauh berbeda, yang memberdakan mungkin hanya ukuran, bentuk, karena dapur akan disesuaikan dengan model interior ruangan anda tentunya. Mungkin yang membedakan terletak pada bahan (material) yang digunakan untuk membuatnya. Semakin bagus material yang dipakai akan semakin tinggi harganya sebuah dapur kabinet.

Model Dapur terbuka trend 2015
Model Dapur terbuka trend 2015
Gambar desain dapur minimalis terbuka
Gambar desain dapur minimalis terbuka
Contoh dapur minimalis terbuka 2015
Contoh dapur minimalis terbuka 2015
Konsep dapur minimalis modern terbuka
Konsep dapur minimalis modern terbuka

Perlu anda ketahui bahwa material dasar dan finishing yang umum dipakai untuk menghasilkan model desain dapur minimalis terbuka di atas adalah :

Untuk material dasar dapur kabinet terdiri dari :

  1. Kayu solid
  2. Multipleks
  3. Teakwood
  4. Medium density
  5. Fiberboard (MDF)
  6. Particle board

Sedangkan untuk finishing dengan system oles ada pilihan berikut :

  1. Politur
  2. Melamik atau melamin
  3. Cat duco biasa untuk finishing high gloss panel
  4. Cat kayu

Ada juga finishing dengan system tempel, biasanya menggunakan lem khusus dan mesin press khusus, namun pengusaha tradisional ada juga yang menggunakan system manual untuk menempelkan material finishing ini. Sebagai catatan bayak dari lem yang digunakan mengandung formalin yang cukup tinggi sehingga akan sangat berbahaya untuk kesehatan, karena itu hati-hati dalam memilih bahan, berikut material untuk finishing tempel :

  1. Takon
  2. Formika
  3. Veneer
  4. Decosheet
  5. High Pressure
  6. Laminate (HPL)
  7. Acrilyc
  8. High gloss panel

Untuk top table anda bisa memilih salah satu dari meterial berikut :

  1. Keramik. Kelemahan material ini, jika ada sambungan akan terlihat dengan jelas sehingga kurang dalam estetika desain
  2. Stainless steel
  3. Kaca
  4. Solid surface, Material ini sangat bagus dalam hal estetika karena semua sambungan benar-benar tersembunyi sehingga selebar dan sepanjang apapun ukuran top table anda tidak akan terlihat ada sambungan. Namun dari segi kekuatan pastinya kalah dengan granit, karena solid surface ini hanya mampu menahan panas dalam suhu tertentu.
  5. Granit, Material ini untuk kekuatan sudah tidak perlu diragukan lagi karena terbuat dari batu alam, akan tetapi granit ini memiliki pori-pori sehingga jika ketumpahan kopi atau susu dan krim lainnya akan sulit untuk dibersihkan
  6. Marmer

Setelah membaca dan melihat contoh-contoh desain dapur minimalis terbuka di atas beserta material pembuatnya, admin berharap anda sudah dapat gambaran jelas tentang dapur minimalis terbuka ini. Silahkan anda menentukan mau pilih bahan dan model seperti apa, tentunya sesuaikan dengan model interior rumah anda, dan yang paling penting sesuaikan juga dengan budget (dana) yang anda punya. Semoga bermanfaat.

– See more at: http://rumahcemara.info/dapur-minimalis/contoh-desain-dapur-minimalis-terbuka/#sthash.LhA2OdKp.dpuf

Bagikan

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Like us
Categories