PENATAAN interior sebuah hunian harus mempu menciptakan perasaan nyaman dan betah bagi penghuninya. Salah satu gaya penataan interior yang bisa diterapkan untuk mewujudkan hal itu adalah gaya kasual.

Gaya kasual adalah kesan sederhana tetapi nyaman dan bersahabat.

Kesan-kesan itu bisa diciptakan karena elemen-elemen interior untuk penataan dengan gaya kasual memiliki bentuk yang sederhana dengan tidak menggunakan banyak detail. Penataan lay out furniture cenderung asimetris dengan pemilihan warna-warna utama yang ringan serta suasana ruang yang tematis yang diangkat melalui motif dan pola pada kain juga pemilihan aksesori. Hasilnya, ruangan dengan tatanan interior seperti ini akan terlihat lebih ramah dan menyenangkan.

Hal ini didukung pula oleh penggunaan berbagai pilihan material di dalamnya, mulai dari kayu, batu, beton, dan sebagainya dengan finishing tidak mengkilap. Bahkan, cenderung kasar yang justru menambah kesan alami di dalamnya.

Sementara untuk pemilihan furniture, gaya interior kasual umumnya didominasi furniture berukuran besar, berkesan nyaman dan santai. Paduan penggunaan bahan kayu dengan rotan atau kain linen dengan tenun pun bisa diterapkan di sini.

Terakhir, kesan ramah dan homey bisa pula didapatkan melalui pemilihan dan penataan aksesori. Jangan ragu untuk kembali mengaplikasikan batu dalam bentuk patung maupun pajangan lainnya, mangkuk atau peralatan makan berbahan keramik dan tembikar. Bahkan, bentuk unik sangkar burung bisa dijadikan ide kreatif untuk table lamp.

“Satu hal yang penting untuk diingat dalam penataan interior bergaya kasual adalah agar berhati-hati saat mengkombinasikan setiap elemen yang ingin diletakkan di dalamnya. Karena jika tidak, ruang dapat terlihat berantakan dan tidak beraturan.”

Sumber ; http://www.balipost.co.id/balipostcetak/2006/10/5/pr3.html

 

Kasual, yaitu tema warna yang menonjolkan kehidupan kreatif sekaligus mampu membangun suasana santai. Melalui tema ini kekuatan dan intensitas warna menyatu dengan elemen-elemen tegas dan maskulin. Tema ini juga dapat menjadi pilihan bagi pribadi yang suka bereksperimen dengan warna dan ingin selalu menciptakan permainan ruangan yang modern untuk hidup yang lebih nyaman. Paduan warna-warna yang menonjol dari tema ini antara lain warna putih gading, abu-abu, biru retro, oranye.

http://www.tabloidrumah.com/2013/11/12/jotun-perkenalkan-tren-warna-interior-2014/

Contoh 1;

Bagi Anda yang suka mendesain interior ruang Anda bergaya kasual atau santai  , ada ide interior yang dirancang santai seperti dibawah ini. Dengan menggunakan furniture minimalis, interior ini merupakan keindahan dan kesempurnaan alami . Sebaliknya , terlihat modern namun tradisional dalam waktu yang sama karena warna-warna netral yang digunakan untuk menghiasi interior . Dan warna-warna abu-abu , hitam dan putih .Kemudian , melihat gambar lebih dekat , ide ruang tamu menggabungkan sofa putih dan minimalis meja kopi gelap. Untuk membangkitkan kesan alami , ada sepotong kayu yang digunakan sebagai meja kopi juga. Kemudian , bantal dan lampu lantai yang unik menghiasi ruang ini membuatnya murni menarik, Di ruang lain, ada dapur minimalis berwarna abu-abu memikat furniture dikombinasikan dengan hitam dan putih . Konsep unik dari gaya kasual yang kuat di dapur karena furnitur dan penataan ruang . Selanjutnya , ada dua ruang makan di rumah ini . Yang pertama dirancang lebih formal dan yang lain satu desain sederhana namun santai . Keduanya menggunakan kursi makan putih dan kontras dengan warna gelap pada permukaan meja makan .Untuk memperkuat gaya kasual di interior , kamar tidur dan kamar mandi juga dihiasi sebagai memikat sebagai gaya . Konsep kasual dimasukkan ke dalam kamar mandi dan kamar tidur membangkitkan kesempurnaan gaya kasual rumah ini . Hebatnya , rumah ini menggunakan lantai kayu dan membiarkan tekstur alami dari dinding bata muncul.

Image

Image

Image

http://www.pesandesaininterior.com/2014/04/desain-interior-kasual.html

Contoh 2 :

Konsep kasual pada interior kamar hotel Horison Seminyak. Kamar ini tampil lewat furnitur simpel namun fungsional. Dominasi ruangan adalah warna putih, tampil menonjol dari lantai, plafon, sampai warna dinding. Namun, warna putih tak membosankan karena kombinasi warna. Seperti pada lantai, diberi sela keramik warna coklat yang secara tak langsung membatasi antara area tidur dengan area menonton televisi. Penambahan aksesoris pemanis memudarkan putih yang kaku, sepeti pada wallpaper di dinding.

Image

Beberapa contoh lain desain ruang tamu kasual :

Image

Image

 

Bagikan

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Like us
Categories