Tampil Dinamis di lahan terbatas - judul
Tampil Dinamis di lahan terbatas

Luas Lahan : 60 m2 | Lokasi Lahan : Area Hook

Desain : Ari Nur

Berada di atas tanah berkontur, rumah dirancang mengikuti gerak kontur yang ada. Posisi rumah berada di sudut jalan (hook) sehingga ada 2 fasad yang bisa ditampilkan. Agar tampilan enak dilihat, bangunan harus didesain dengan menyisakan lahan 2 meter ke selatan dan 1 meter ke samping. Hasilnya lahan efektif yang dapat dimanfaatkan sebagai bangunan rumah menjadi sangat terbatas, namun fungsional untuk keluarga muda. 

Pembagian ruang dibuat efektif. Lantai bawah terdiri dari ruang duduk yang bersambung dengan ruang makan dan dapur, kamar mandi dan 1 kamar tidur. Meski terbatas, di bagian belakang masih tersisa ruang terbuka untuk sirkulasi udara dan area jemur. Di ruang duduk dan ruang makan terdapat dinding kaca yang mendominasi suasana ruang. Dinding ini berfungsi memasukan sinar matahari secara maksimal. Sementara itu, dinding ruang tamu di sisi Timur dilapisi kertas. Sehingga intensitas panas matahari yang masuk tidak berlebihan. 

Gambar Tamapak
Gambar Potongan

Rumah ini menggunakan dua macam pagar pembatas. Halaman depan yang menghadap jalan masuk rumahnya tidak menggunakan pagar, hanya dinding beton setinggi 30 cm sebagai batas properti. Sementara itu, Sisi Timur yang menghadap jalan yang lebih besar menggunakan pagar besi setinggi 1,2 meter yang terlihat ringan dan transparan, tetapi kuat. Ketinggian pagar yang minimal bertujuan agar Fasad bangunan terlihat menonjol. 

Gambar Exterior

Iklim Tropis menuntut Bangunan yang dapat merespon panas matahari dan air hujan. Oleh karena itu, bangunan ini menggunakan atap miring dengan sudut elevasi 30°. Antara ruang tamu, ruang tidur di lantai bawah, dan lantai atas dibuat dengan orientasi yang berbeda. Hal inilah yang membuat rumah ini tampil dinamis dan terlihat tidak terlalu mungil meskipun lahannya sangat terbatas.

Bagikan

Comments are closed

Like us
Categories