Desain Rumah Tropis untuk Pasangan Muda type 60m2
Desain Rumah Tropis untuk Pasangan Muda type 60m2

Rumah baru bagi pasangan muda yang baru saja menikah tentu harus didesain senyaman mungkin. Rumah 1 lantai ini dirancang dengan konsep keterbukaan, sesuai dengan konsep rumah tangga kedua pasangan pengantin baru. Hal tersebut terlihat dari adanya jendela-jendela kaca yang mendominasi tampilan rumah. Hadirnya jendela memberi kesan luas pada bangunan. Baik dari fasad bangunan maupun interior ruang dalam rumah. Selain adanya jumlah-jendela yang banyak, suasana interior terasa lapang dengan adanya langit-langit rumah yang lebih tinggi dari standar sebuah bangunan. Dengan begitu sirkulasi udara di rumah juga semakin baik dan tidak panas. 

Desain Rumah Tropis untuk Pasangan Muda type 60m2 – Tampak Exterior
Desain Rumah Tropis untuk Pasangan Muda type 60m2 – Denah

Posisi rumah yang menguntungkan membuat pemilik dapat menikmati Taman luar dari teras depan. Teras tersebut dapat dijangkau dari dua sisi bangunan, yaitu depan dan samping. Di bagian belakang rumah di sediakan pula sebuah teras yang difungsikan khusus untuk cuci dan jemur. Dari konsep dasar keterbukaan, maka ruang-ruang yang ada juga dibuat terbuka antara satu dengan yang lain. Misalnya, ruang tamu dan ruang keluarga dibuat menyatu.

Desain Rumah Tropis untuk Pasangan Muda type 60m2 – Tampak Depan
Desain Rumah Tropis untuk Pasangan Muda type 60m2 – tampak samping kanan

Konsep lainnya yang dijadikan acuan dari desain rumah adalah rumah tumbuh. Harapannya suatu saat rumah dapat dikembangkan sesuai dengan jumlah anggota keluarga baru yang akan hadir di kemudian hari. Hal tersebut terlihat dari atap dapur dan ruang makan yang di dak beton, sebagai langkah persiapan pengembangan rumah. Untuk sementara dak beton tersebut dapat dimanfaatkan sebagai tempat jemur. 

Desain Rumah Tropis untuk Pasangan Muda type 60m2 – Tampak Potongan A-A

Bagian depan dan samping rumah dibuat taman-taman kecil yang dihiasi bunga-bunga sekaligus penahan masuknya sinar matahari kedalam rumah. Keterbatasan lahan membuat terbatasnya pemanfaatan lahan sebagai area taman. Oleh karena itu tidak ada salahnya tembok pagar pun dimanfaatkan sebagai taman vertikal dengan menempatkan pot berisi bunga, dengan begitu bangunan rumah pasangan baru ini pun akan terlihat Asri. 

Desain Rumah Tropis untuk Pasangan Muda type 60m2 – Tampak Potongan B-B

Sumber : GriyaAsri

Bagikan

Comments are closed

Like us
Categories