Berada di lingkungan tropis memiliki berkah tersendir. Mengapa tidak? Sinar matahari yang melimpah selalu menyinari dan menembus kaca jendela rumah. Curah hujan yang tinggi menyuburkan tanaman di pekarangan rumah sehingga menjadi pemandangan yang indah dilihat. Kedua hal tersebut menjadi potensi dalam merancang sebuah rumah.

Desain rumah sebaiknya di dasari oleh keadaan lingkungan sekitar. Dengan begitu akan dihasilkan hunian yang ideal, nyaman dan sehat bagi penggunanya serta hemat energi. Lingkungan indonesia yang tropis menjadi pertimbangan dalam mendesain rumah. Hal tersebut telah dilakukan nenek moyang kita ketika membangun rumah. Bisa di bilang rumah tradisional hasil rancangan nenek moyang kita merupakan karya yang teruji dan jitu dalam melihat kondisi alam tropis. Teritisan yang lebar dibuat agar dapat melindungi dinding dari panasnya sinar matahari dan hujan. Dengan begitu, kondisi udara di dalam ruamh terasa lebih dingin. Rumah panggung dibuat agar kondisi didalam rumah tidak terasa lembap dan menurunkan hawa panasa didalam rumah di siang hari. Material-material yang digunakannya pun sangatlah ramah dan menjadi alternatif pilihan bagi para perancang rumah yang menginginkan desainnya tampil tropis dan nyaman untuk ditempati.

Seiring dengan perubahan zaman, kemajuan teknologi, serta pengaruh gaya hidup dan budaya luar, keindahan arsitektur tradisional kemudian dikembangkan dengan menggunakan bahan-bahan bangunan yang lebih modern. Misalnya, pondasi untuk rumah panggung tidak lagi menggunakan kayu, tetapi besi yang di cor beton. Batu bata dibuat setinggi 80 cm – 100 cm yang kemudian dikombinasikan dengan kayu, lambat laun dengan adanya pengaruh gaya arsitektur modern, sepenuhnya rumah dirancang dan di bangun menggunakan bahan-bahan modern, tetapi tetap memperhatikan konteks lingkungan bangunan yang akan di bangun. Teritisan lebar dan bukaan jendela yang lebar untuk pencahayaan dan penghawaan tetapi menjadi perhatian. Hanya saja rumah dirancang dengan bentuk bentuk geometri, desain bangunan lebih mengutamakan fungsi, dan hiasan yang terdapat di rumah tradisional dikurangi bahkan di hilangkan. Adapun hiasan hanya berperan sebagai aksen, misalnya lis-lis vertikal atau horisontal yang berperan sebagai penghalau matahari.

Kondisi lingkungan yang tropis juga  bisa menjadi ancaman bagi penampilan rumah, salah satunya adalah dinding rumah mudah lembap. Untuk itu sejak awal rumah harus dirancang dengan memperhatikan kondisi lingkungan yang ada

HUNIAN IDEAL RUMAH TROPIS MODERN

Indonesia berada di belahan bumi beriklim tropis, tepatnya di 23,50o LU hingga 23,50o LS. Karena telaknya di daerah katulistiwa membuat bumi indonesia mendapatkan sinar matahari yang melimpah dan curah hujan yang cukup tinggi. Kedua hal tersebut berpengaruh pada elemen kehidupan di lingkungan indonesia, termasuk karakter rumah.

Dahulu, nenek moyang kita membangun rumah dengan rnemperhatikan kondisi iklim disekitarnya. Hal tersebut dapat dilihat dari kekayaan rumah tradisional di Taman Mini Indonesia Indah. Atap bangunan rumah di buat tinggi dengan teritisan yang lebar sebagai antisipasi untuk meminimalisirn  sinar matahari dan tampias air hujan. Rumah memiliki teras dan dibuat panggung agar udara mengalir dengan bebas. Keunikan lainnya adalah pemilihan bahan bangunan yang memang datang dari alam sekitarnya, seperti kayu, bambu, dan ilalang. Bahan-bahan tersebut diaplikasikan sebagai dinding atau penutup atap. Bahan tersebut di anggap mampu mengendalikan panas dalam ruangan sehingga dari siang hari terasa sejuk dan di malam hari terasa hangat. Kekayaan budaya indonesia juga berpengaruh pada desain rumah tradisional di setiap daerahnya. Hal tersebut terihat dari ragam ornamen yang menghiasi rumah tradisional indonesia.Desain rumah seperti rumah tradisional merupakan rancangan teruji untuk d bangun di iklim tropis.

rumah tradisional indonesia

Sementara dibelahan dunia yang lain, yaitu dinegara Eropa, sekitar tahun 1920 saat terjadi Perang Dunia Kedua banyak bangunan hancur sehingqa dibutuhkan pembangunan yang cepat, sesuai fungsi, dan tidak memakan banyak biaya. Semenjak saat itu banyak bangunan didirikan dengan penggunaan bahan-bahan pabrikasi. Pada akhirnya rumah yang dihasilkan memiliki gaya arsitekturyang dikenal sebagai arsltektur modern. Beberapa karya arsitektur modern yang dikenai banyak orang adalah karya yang didesain oleh Louis Sulivan, LeCorbusier, dan Frank Lyod Wright. Cikal bakal arsitektur modern yang mengusung sebuah paham yang terkenal di telinga para praktisi arsitektur adalah form follow function atau bentuk mengikuti fungsi.

 

Kemajuan teknologl dan budaya barat telah banyak memengaruhi perkembangan pembangunan di indonesia. Saiah satunya adalah pengaruh gaya bangunan. Gaya bangunan modern pun “menjangkiti” rumah berdesain tropls. Pada akhirnya keduanya dikembangkan dan dipadukan sehingga menghasilkan desain rumah tropis modern. Sebagai contoh, adanya kombinasi antara atap pelana dan teritisan yang lebar dipadukan dengan beberapa kanopi jendela yang terbuat dari beton. Bangunan rumah dlbuat panggung dengan bahan pondasi menggunakan beton, besi. atau baja. Hal tersebut pada akhirnya menambah kekayaan khasanah desain rumah di iklim tropis.

 

“Rumah Tropis Modern merupakan hasil metamorfosis antara kondisi iklim, arsitektur tradisional, dan arsitektur modern “

 

rumah gaya arsitektur tropis modern

 

Taman sebagai ruang luar yang menghiasi rumah tropis modern sebaiknya didesain sesuai dengan kondisi alam yang ada. Dengan begitu, taman dapat nyaman di pandang mata. Karakteristik taman tropis dihiasi banyak jenis tanaman, rimbun dan berbunga sehingga sesuai dengan slogan “Rumahku Surgaku”

 

Elemen taman lainnya dapat memaksimalkan tampilan taman tropis modern adalah elemen keras, misalnya jalan setapak, gazebo, bangku taman, lampu taman, dan hiasan patung. Jalan setapak pada taman tropis dibuat dengan penataan geometri, biasanya menggunakan batu-batuan alam, seperti batu kali, batu tempel, dan krikil.

 

elemen keras taman tropi

elemen keras taman tropis

kolam ikan tropis

 

Sementara itu, elemen lunak berperan untuk memperlembut suasana dari bentuk-bentuk geometri dan garis yang kaku. Selain tanaman, elemen lunak lainnya adalah air. Air dapat dihadirkan dengan memanfaatkan kolam hias, air mancur, atau air terjun. Di dalam kolam hias tersebut dapat ditanami berbagai tanaman tropis, sepert teratai air, lili air, lotus atau tanaman berdaun besar. Taman di susun menurut kontur dan ketinggian yang sama sehingga terlihat rapi dan tertata. Jenis tanaman di pilih yang mudah perwatannya sehingga sesuai dengan gaya hidup masyarakat modern saat ini.

 

kamar tidur jendela tropis

kamar tidur jendela tropis

 

Jika tertarik dengan rumah bergaya tropis modern, berikut ini adalah tips yang bisa dijadikan panduan dalam mendesain :

  • Tentukan orientasi bangunan. Ada baiknya bangunan menghadap ke Utara atau Selatan. Hindari muka bangunan menghadap barat.
  • Atur penghawaan alami dengan baik. Ada baiknya rumah di desain memiliki ventilasi silang atau cross ventilation.
  • Atur pencahayaan alami dengan baik. Usahakan ruang-ruang seperti ruang tidur dan kamar mandi bisa mendapat cahaya alami. Dengan begitu rumah akan lebih hemat energi dan terbebas dari kuman.
pengaturan cahaya alami jendela

pengaturan cahaya alami jendela

pengaturan cahaya alami ruang terbuka

pengaturan cahaya alami ruang terbuka

 

  • Aplikasikan kemiringan sudut atap 30o dengan lebar teritisan minimal 80-100 cm.
  • Sediakan ruang luar berupa teras, dapat di depan rumah atau di belakang rumah
  • Tinggikan bangunan hingga 80 cm sehingga ruang dalam terasa lebih dingin dan terhindar dari kelembapan.
pengaturan cahaya alami dan tinggikan bangunan

pengaturan cahaya alami dan tinggikan bangunan

 

  • Letakkan bukaan jendela di bagian terkena matahari pagi dan hindarkan dari matahari sore
  • Komposisikan elemen bangunan dalam bentuk-bentuk geometri yang selaras dengan sedikit ornamen. Jika ingin menambahkan ornamen, berikan elemen garis-gasris baik vertikal atau horisontal.
elemen garis horisontal kisi-kisi jendela

elemen garis horisontal kisi-kisi jendela

  • Rancang penataan ruangan sesuai kebutuhan dan kebiasaan penghuni rumah. Dengan begitu, akan di hasilkan penataan ruang yang fungsional.
plafond tinggi

plafond tinggi

  • Gunakan bahan-bahan bangunan yang tahan terhadap kondisi lingkungan setempat, misalnya kusen dari PVC , alumunium, atau anti rayap.
  • Tata taman rumah agar lebih asri dan rindang sehingga rumah terhindar dari kebisingan dan dapat menurunkan suhu panas di luar rumah.

 

Berada di lingkungan tropis memang memiliki kekayaan yang melimpah ruah, salah satunya adalah sinar matahari dan curah hujan yang tinggi. Berkah sinar matahari yang terus menyinari dapat menghermat pencahayaan buatan di dalam rumah. Sementara curah hujan yang tinggi dapat mendinginkan suasana rmah dan tanaman dapat tumbuh dengan subur. Akan tetapi jika berlebihan keduanya dapat mendatangkan kendal bagi penghuni dan keadaan fisik rumah. Sinar inframerah yang berlebihan akan menaikan suhu rumah menjadi panas. Untuk itu, di awal perancangan perlu di perhatikan kondisi lahan dan usahakan muka bangunan menghadap matahari sore.

 

sunshading

sunshading

Curah hujan yang tinggi dapat membuat kondisi di rumah terasa lembap. Biasanya jamur dan lumut senang hidup dltempat ini . Untuk itu, sebaiknya hindarkan ruang-ruang yang gelap karena tidak terkena sinar matahari. Dengan kondisi yang lembap jamur dan lumut dengan cepat akan menggerogoti kayu sehingga mudah lapuk. Curah hujan yang tinggi dapat membuat dinding mudah basah. Usahakan air tidak meresap ke dalam elemen-elemen bangunan. Oleh karena itu, sebaiknya dinding di beri lapisan kedap air (trasram) di ruang-ruang yang basah, seperti kamar mandi atau tempat cuci. Untuk lokasi yang kondisi air tanahnya tinggi, sloof dibuat setinggi 30 cm dari tanah. Dinding dicat khusus untuk exterior yang bersifat waterproofing. Dengan mempersiapkan pembangunan sebaik mungkin maka penampilan rumah tropis modern akan selalu tampil menawan.

rumah tropis modern yang menawan

rumah tropis modern yang menawan

 

Bagikan

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Like us
Categories