PENGERTIAN RUSTIC STYLE

Secara harfiah, Rustic diartikan sebagai sesuatu yang simpel, tak berseni dan kasar. Rustic dalam bahasa Indonesia berarti ‘berkarat’ atau tua, dan memiliki tekstur yang kasar dan tidak difinish-ing dengan baik. Gaya rustic bisa diartikan sebagai gaya dalam desain arsitektur dan interior yang menitikberatkan pada kesan alami, dari material yang tidak difinish-ing atau dihaluskan, misalnya kayu, batu, logam, dan sebagainya. Gaya ini merupakan perpaduan dari hal-hal baku pada penataan interior. Tidak hanya di rumah bergaya Country, gaya Rustic juga dapat dipadupadankan dengan gaya modern.

SUMBER : http://dekor-minimalis.blogspot.com
WAKTU UNDUH : Kamis, 31 Oktober 2013
WAKTU AKSES : Rabu, 8 April 2014

CIRI-CIRI RUSTIC STYLE

Ciri-ciri gaya rustic terutama pada penggunaan material yang alami dan tidak difinishing, misalnya daripada menggunakan tembok yang diaci, dalam gaya ini menggunakan tembok yang tidak diaci, bisa juga ditutupi dengan unsur batuan dengan tekstur yang kuat. Bentuk atapnya biasanya model tradisional yang menggunakan bahan yang terkesan alami bukan pabrikan. Yang ditonjolkan adalah kesan material yang kasar dan tua. Rustic style is boldly, blatantly real.

SUMBER : http://www.astudioarchitect.com
WAKTU UNDUH : Kamis, 1 Juli 2010
WAKTU AKSES : Rabu, 12 April 2011

BAHAN SERTA FURNITURE DALAM RUSTIC STYLE

Elemen kunci dalam menggunakan gaya desain rustic adalah kayu, batu alam, besi tempa, logam, dan bahan alami lain seperti katun, linen, wol, kulit. Desain interior rustic membawa anda menuju ke alam pedesaan dengan dominasi palet warna coklat. Jika menginginkan tambahan warna cerah, pilih aksesoris ruangan dari palet warna lain untuk meningkatkan mood ruangan. Dimana meningkatkan mood ruangan dimaksudkan menambah kesan ceria atau berwarna dalam ruang, tidak monoton. Warna yang dominan adalah warna dari kesan material yang kuat, seperti abu-abu, terakota, hitam, coklat kayu.

1

FURNITURE RUSTIC

Rustic Design Interior langsung dapat terlihat dari desain teksturnya yang kasar dan berantakan, dinding batu ekspos, furniture dari bongkahan kayu yang tidak diampelas halus atau lampu gantung berkarat, merupakan ciri gaya Rustic. Di era desain Go Green sekarang ini, gaya Rustic sangat tepat ditambahkan dalam penataan interior karena dapat menggunakan barang-barang bekas seperti ranting, kaleng atau barang kuno yang sudah tidak terpakai menjadi pajangan penghias ruang.

Untuk menciptakan Konsep Desain ini, memang tak sembarang material dapat ditambahkan, karena apabila tidak tepat ruangan akan terlihat kotor dan tidak rapi. Cara paling mudah yang bisa anda lakukan adalah dengan tidak mengekspos berlebih pada elemen Rustic. Misalnya, pemakaian kayu yang teksturnya dibiarkan terlihat jelas dan tidak dibuat Glossy. Tampilan kayu tetap tampil alami dan tidak terpengaruh industrialisasi, namun justru di situlah seni Rustic akan muncul. Mengenai nilai seni yang ditampilkan, tidak tergantung dari bentuk yang rumit dan mahalnya material, namun bagaimana mengolahnya.

SUMBER : http://www.houzz.com/ideabooks/Rustic-Style
WAKTU UNDUH : –
WAKTU AKSES : Rabu, 15 April 2014

KESAN YANG DITIMBULKAN PADA RUANG BERGAYA RUSTIC

Perpaduan dalam penataan interiornya pada dasarnya sama saja dengan prinsip yang sudah umum, karena gaya rustic lebih menekankan pada penggunaan material dengan tekstur kasar yang ekstensif, yang lebih ditekankan adalah suasana hangat yang diakibatkan penggunaan material dengan kesan yang kuat/bertekstur tersebut. Kesan hangat yang ditimbulkan dalam artian kita merasa nyaman dan bersahabat atau merasa sangat mengenal ruang yang bernuansa rustic. Dengan sentuhan Rustic di dalam gaya modern, ruangan akan terlihat unik dan lebih berkarakter. Tak hanya itu saja, gaya Rustic juga dapat menunjukkan jati diri dari pemiliknya.

PERPADUAN GAYA RUSTIC DENGAN GAYA LAIN

Paduan gaya ini banyak dilakukan dalam desain bergaya etnik modern, karena banyak elemen dari unsur etnik yang bisa dipakai sebagai aksen dari interior gaya modern. Misalnya, sebuah ruangan dengan gaya modern yang bersih bisa diisi dengan satu atau dua buah furniture bergaya etnik yang biasanya banyak yang tidak dipoles, atau sengaja tidak dipoles dengan harapan muncul kesan rustic-nya.

Dalam mendesain, pilih material dengan kesan tekstur yang kuat, tapi tidak dilapisi dengan material pelapis seperti cat atau acian. Unsur-unsur obyek material yang terkesan tua seperti kayu tua dengan tekstur yang bagus, bisa digunakan sebagai aksen bila dilapiskan pada dinding. Material yang terkesan sederhana dan harganya murah seperti bata ekspos, kayu bekas, kayu kelapa, dan sebagainya bisa dipadu padankan dengan material pabrikan seperti kaca, logam dan sebagainya agar tercipta suasana paduan antara kesan rustic dan modern.

RUSTIC MODERN CHALET BRICKELL IN THE RHONE ALPES

1

EKSTERIOR SIANG HARI

Chalet Brickell merupakan suatu kemewahan yang menakjubkan dimana berada di jantung Megève, sebuah komune di wilayah Rhône-Alpes di selatan-timur Perancis. Dikembangkan oleh Pure Concept, sebuah perusahaan desainer-creator dari Swiss khusus dalam properti mewah. Terletak di kaki gunung, dikelilingi oleh alam dan pemandangan pegunungan yang tak terlupakan. Dirancang untuk spesifikasi yang tepat, sampai ke detail terkecil, tempat ini menawarkan ketenangan yang kaya akan bahan alami, kehalusan kombinasi yang elegan, dan ruang luar biasa fungsional. Setiap aksesori memiliki peran untuk bermain: napas warna, cahaya terang, karpet dipesan lebih dahulu, motif unik. Di balik modernitas yang chic ini terletak sebuah kesederhanaan benar-benar otentik.

2

TANGGA PENGHUBUNG

Tangga, seperti jembatan gantung modern, memungkinkan akses ke ruang tamu yang besar. Campuran transparan logam, kaca dan baja elegan melengkapi harmoni hangat dari kayu antik. Galur murni menciptakan kenyamanan yang merupakan kesederhanaan mutlak. Efek keseluruhan adalah salah satu yang netral, sederhana, ramah serta menciptakan sesuatu keteraturan yang sempurna untuk sebuah karya seni.

3

INTERIOR RUANG TAMU

4

5

INTERIOR DAPUR/PANTRY, RUANG TAMU, RUANG MAKAN

6

7

8

9

INTERIOR BAR

10

INTERIOR GUEST ROOM

11

INTERIOR RUANG TIDUR

Kamar tidur Emas. Kayu antik dan sandaran tempat tidur Fortuny terinspirasi mengatur nada di ruangan dengan tirai berlapis berwarna emas. Seperti seprai mewah, selimut bulu besar meliputi tempat tidur, yang dilengkapi dengan lembar dengan sentuhan emas untuk ruang emas.

12

13

14

INTERIOR RUANG TIDUR

Kamar tidur putih. Dinding kulit kayu cocok dengan senderan kepala pada tempat tidur, dalam nuansa kelabu tua yang menonjolkan putihnya seprai dan aksesoris. Bulu menambah sentuhan kehangatan.

12

INTERIOR MASTER BEDROOM

Master bedroom. Sentuhan dan perhatian terhadap detail yang indah membuat ruang ini surga kesejahteraan sejati. Kamar tidur utama terpancar keindahannya dengan keterampilan pengrajin Italia, khusus dalam pembangunan yacht. Dinding terbuat dari kayu ek memenuhi lantai ditutupi dengan karpet tebal, sementara shagreen merupakan bahan kulit frame pintu. Tirai dan kursi menampilkan suatu pojok membaca yang nyaman. Kulit Taupe menghiasi kursi malas dan pintu geser berlapis kulit terbuka ke kamar mandi marmer, di mana dua identik gaya Jepang kamar mandi saling berhadapan.

15

16

INTERIOR TOILET DAN RUANG RIAS

17

INTERIOR KARAOKE AND NIGHT CLUB

Klub malam, serta bioskop rumah dan layar yang besar, telah dipasang dengan standar profesional tertinggi dan memanfaatkan perkembangan teknis yang sangat terbaru. Penari dapat menikmati sistem pencahayaan LED yang dibuat oleh seorang spesialis yang menyediakan solusi pencahayaan untuk diskotik di seluruh dunia. Ruang menempatkan penekanan pada kenyamanan, dengan sofa mewah dan layanan individual.

18

19

KOLAM RENANG DALAM RUANGAN

Kolam renang indoor tampak ke taman dan memanfaatkan cahaya alami sebagai pencahayaan. Untuk melindungi privasi, tirai yang dirancang khusus dapat ditarik di seluruh jendela besar – sedikit seperti Hollywood dari tahun lima puluhan. Bed loungers, bersama dengan lantai kayu jati seperti dek kapal pesiar, memberikan nuansa pelayaran santai.

20

21

22

RUANG BAWAH TANAH

Garasi besar di ruang bawah tanah menghubungkan chalet utama dan guest house. Dari sini, kamar rekreasi dapat diakses. Sebuah karya untuk kolektor mobil atau penggemar, telah dirancang untuk rumah, mobil balap dan juga limusin elegan, dengan fokus pada estetika dan kekakuan. Lantai memiliki «granular» permukaan, poros tengah fitur warna Brickell, sementara dinding menampilkan pembalap tercepat dan paling terkenal, dengan Steve McQueen di posisi teratas.

26

CHALET BRICKELL

SUMBER : http://www.onekindesign.com





KESIMPULAN :
Dimana pada pembahasan diatas, dikatakan bahwa konsep yang sedang marak digandrungi saat ini adalah Konsep Rustic Modern yang mana konsep ini sangat mengedepankan suatu kesan alam pada desain interior suatu bangunan. Contohnya dapat dilihat pada Chalet Brickell, dimana interiornya sangat kental dengan kesan alam yang dimoderenisasikan. Terlihat pada penggunaan sebagian besar furniture-nya yang berbahan kayu, seperti kursi, meja, tempat tidur, meja rias, dll. Konsep ini membawa kita kembali pada jaman dahulu dimana sebagian besar interior berbahan dasar alami.
Selain memberikan kesan alami, desain ini juga membawa kita pada kesan mewah namun masih dalam lingkup sederhana. Kenyamanan dan jati diri sangat diutamakan pada seluruh bagian yang diberi sentuhan Rustic.
Style secret : Rough-Hewn Beams (balik kayu atau kayu glontongan), Organic Forms (bahan yang bersifat alami), Weathered Materials (bahan lapuk atau lama), Warm and Earthy Colors (warna yang hangat dan sederhana-pastel, coklat, abu-abu), Repurposed Objects (benda yang sudah tidak terpakai), Textural Fabrics (benda yang bertekstur kuat).

(Sumber : http://interiorudayana14.wordpress.com/ )

 

Bagikan

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Like us
Categories