Image

Konsep Art Neoveau merupakan konsep yang lahir dengan memiliki ciri khas dari bentuk-bentuk alam di sekitar. Neoveau sendiri berasal dari bahasa Perancis yang memiliki arti ‘seni baru’ dan diambil dari sebuah nama toko di Paris yaitu Maison de l’Art Neoveau oleh Siegrifed Bing Gaya Art Neoveau.

Konsep Neoveau mulai berkembang antara abad 19 hingga 20 di daratan Eropa dan Amerika dengan mendapat pengaruh karya seni Jepang dalam penerapannya ke media. Alasan dasar munculnya konsep Neoveau adalah sebagai bentuk protes terhadap industrialisasi serta mesin yang menghilangkan sifat manusiawi dalam sebuah karya seni.

Image

Berikut beberapa penjelasan dari beberapa sumber mengenai ciri khas dari konsep Neoveau:

 

Sumber            : http://cincinjempol.wordpress.com/2009/03/02/pengertian-art-nouveau/

Akses               : 13 Mei 2014/10.13.33

Art nouveau style adalah gaya extravaganza dengan ornamen yang terinspirasi dari alam seperti flora yang penuh dengan sulur-sulur, kelopak bunga dan kecantikan wanita.

Karya art nouveau biasanya dicirikan dengan bentuk-bentuk plastis dan organis, tapi tetap mengandalkan prinsip-prinsip geometris (sebagai perbandingan: art deco yang geometris, kaku meski menggambarkan figur-figur hewan, bunga, atau manusia). Art nouveau dapat diidentikan dengan cita rasa seni bangunan yang eksentrik dan mahal mengingat tingkat kesulitan detail yang tinggi, belum lagi dengan penerapan bahan yang mahal.

Art nouveau mengkreasikan suatu bentuk seni yang menghindari bahkan menentang bentuk garis lurus dan sudut siku-siku dan bentuk geometris primitif lainnya.mereka menciptakan karya-karya yang penuh garis lengkung.

Kesimpulan:

Dari sumber diatas, dapat disimpulkan bahwa konsep Nouveau memiliki ciri khas memiliki bentuk plastis dan dinamis yang terinspirasi dari lingkungan atau alam.

Ciri lain dari konsep Nouveau adalah minimnya penggunaan bentuk bangunan yang menyiku atau geometris dan menekankan dengan penggunaan bahan-bahan yang mahal untuk mendukung pancaran seni yang ditimbulkan.

 

Sumber            : http://www.academia.edu/6513498/sejarah_seni_rupa

Akses               : 13 Mei 2014/10.15.43

Art nouveau memiliki ciri khas pada highly style, bergelombang-gelombang, desain yang melengkung-lengkung sering dipadukan dengan gambar flora ataupun motif-motif tumbuhan lainnya. Ciri khasnya yaitu terdapat dekoratif/ornament meliuk-liuk yang terpisah dari objek utamanya (objek utama pada umumnya adalah perempuan yang digambarkan dengan paras cantik dan dengan tubuh yang indah).

Kesimpulan:

Dari sumber diatas, dapat disimpulkan bahwa konsep Nouveau merupakan konsep dengan penerapan desain melengkung yang dipadukan dengan gambar flora.

Penerapan ornament pada konsep Nouveau adalah dengan memisahkan ornament dinamis dengan vocal point yang biasanya berupa objek patung atau ukiran perempuan dengan kualitas yang mewah.

 

Sumber            : https://pshycochrometd1a.wordpress.com/2008/03/12/art-nouveau/

Akses               : 13 Mei 2014/10.16.21

Karakter art nouveau dinamis, mengalir, dengan garis lekukan yang sangat mencerminkan karakter art nouveau. Karya art nouveau biasanya dicirikan dengan bentuk-bentuk plastis dan organis, tapi tetap mengandalkan prinsip-prinsip geometris. Seperti kebanyakan gaya pada umumnya, art nouveau memiliki bentuk yang harmonis. Ciri utamanya adalah garis-garis mengalir. Pola itu berdasarkan bentuk tumbuhan dan pengaruh lukisan jepang. Art nouveau style merupakan gaya extravaganza dengan ornamen yang terinspirasi dari alam seperti flora yang penuh dengan sulur-sulur, kelopak bunga dan kecantikan wanita.

Di indonesia art nouveau dikenal juga sebagai aliran semarangan cirinya adalah garis-garis menggelombang dengan bunga. Gaya ini juga terlihat pada sisa-sisa bangunan kolonial di indonesia.

Art nouveau dapat diidentikan dengan cita rasa seni bangunan yang eksentrik dan mahal mengingat tingkat kesulitan detail yang tinggi, belum lagi dengan penerapan bahan yang mahal.

Kesimpulan:

Dari sumber diatas, dapat disimpulkan bahwa konsep Nouveau merupakan konsep yang mengandalkan alam sebagai inspirasi dari penerapan ornament. Karakter yang ditonjolkan dalam bangunan berupa karakter dinamis dengan garis lengkungan yang menimbulkan kesan harmonis namun tetap berpacu dengan prinsip geometris.

Bangunan dengan konsep Nouveau juga dominan menampilkan garis-garis bergelombang dengan bentuk bunga serta penggunaan bahan yang mahal.

 

Sumber            : http://azir99.wordpress.com/2011/10/03/pengertian-dan-sejarah-perkembangan-desain-grafis/

Akses               : 13 Mei 2014/10.20.04

Karakter art nouveau adalah pada dasarnya merupakan tambahan dari nilai-nilai yang berhubungan dengan garis-garis yang bergelombang, kesederhanaan komposisi, bentuk yang distilir, dan latar belakang yang dekoratif.

Kesimpulan:

Dari sumber diatas, dapat disimpulkan bahwa konsep Nouveau merupakan konsep yang menerapkan bentuk gelombang atau melengkung pada bangunan dengan tetap menampilkan bentuk sederhana namun dekoratif.

 

Sumber            : www.artchive.com/artchive/art_nouveau.html

Akses               : 13 Mei 2014/10.25.31

Dalam desainnya, Art Nouveau dikarakteristikan dengan bentuk-bentuk tumbuhan dan dimasukkan ke dalam sejarah seni yang dibuat platnya pada abad 19. Terdapat penekanan pada pergerakan antara dekoratif dan modern yang dapat dilihat pada pekerjaan para desainer. Titik berat dekorasi dan kesatuan artistic menghubungkan pergerakan ke ide symbolist sementara dalam seni yang dapat dilihat di karya vienna secessionists, tetapi pergerakan itu digabungkan dengan ide arts and crafts.

Kesimpulan:

Dari sumber diatas, dapat disimpulkan bahwa konsep Nouveau merupakan konsep yang lebih menekankan pada dekoratif bangunan dengan menampilkan karakteristik dari bentuk-bentuk tumbuhan.

Konsep Nouveau juga mengandalkan bentuk-bentuk karya seni dalam penerapan ke dekoratif bangunan.

 

Sumber            : http://www.gaudiallgaudi.com/aa001.htm

Akses               : 13 Mei 2014/10.28.08

Dipengaruhi oleh seni gothic, gaya ini dipublikasikan dari sejumlah buku literature, lukisan, arsitektur, patung, estetik dan beberapa latar belakang social. Idenya telah mempengaruhi arts and crafts movement yang menegaskan pada alam, keindahan design, bentuk yang indah, yang direpresentasikan dalam bentuk sayur-sayuran, buah-buahan, serangga, bunga, ikan, naga dan burung. Art Nouveau mendapatkan ekspresinya dalam bentuk yang berbeda seperti batu, keramik dan besi, interior dengan dinding yang berkurva atau ornament.

Kesimpulan:

Dari sumber diatas, dapat disimpulkan bahwa konsep Nouveau merupakan konsep yang mendapat pengaruh dari konsep gothic dalam penerapan ke bangunan. Ornament pada bangunan berupa karya seni yang ditampilkan untuk menegaskan keberadaan-keberadaan unsur alam.

Penerapan konsep Nouveau pada bangunan biasanya terdapat pada bahan bangunan yang berupa batu, besi, keramik serta penonjolan pada dinding dan interior bangunan.

 

Kesimpulan dari seluruh sumber mengenai konsep Nouveau adalah:

  • Bentuk:

Dalam segi bentuk, konsep Neoveau mengandalkan bentuk bangunan yang tidak sismetris atau mengandalkan bentuk lengkungan dan gelombang dalam penerapan di bangunan.

  • Warna

Dalam pemanfaatan penggunaan warna, konsep Neoveau tidak terlalu berpatokan pada satu jenis warna seperti warna soft atau dark. Tetapi, konsep Neoveau lebih menekankan pada karisma yang ditimbulkan oleh warna itu sendiri dan diutamakan dapat memberi kesan lebih pada ornament yang menggunakan konsep Neoveau.

  • Ornament

Penggunaan ornament pada Konsep Neoveau lebih kepada ornament dengan karya seni yang tinggi dengan bentuk-bentuk dari alam sebagai inspirasinya. Ornament yang paling sering digunakan adalah patung atau ukiran seorang gadis yang dipadukan dengan bunga atau tumbuhan lain disekelilingnya.

  • Bahan

Bahan pada konsep Neoveau lebih condong ke bahan yang berkualitas baik dengan harga yang cenderung mahal. Hal ini terjadi karena bentuk yang dihasilkan oleh konsep Neoveau menghasilkan karya seni dengan nilai tinggi sehingga bahan-bahan yang digunakan juga berkualitas tingi untuk mendukung keberadaan dari konsep Neoveau pada bangunan. ( Sumber : http://interiorudayana14.wordpress.com/ )

Bagikan

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Like us
Categories