[icegram campaigns=”915″]

5 Model atap rumah minimalis modern. Fungsi dasar sebuah atap rumah adalah sebagai penutup bagis atas rumah agar terlindung dari panas, hujan dan cuaca-cuaca extrime lainnya. Jika dilihat dari fungsi dasar atap tersebut, sebenarnya adalah hal simpel untuk membuat atap rumah, karena hanya butuh beberapa lembar seng atau beberapa biji genteng dan bahan-bahan lainnya seperti asbes, ada juga sekarang dari fiber dan kaca, lalu dibuatkan tiang-tiang penyangga yang saat ini lagi trend rangka atap baja ringan yang konon bebas dari serangan rayap yang selama ini merupakan momok pada rangka dari kayu. Kemudian salah satu dari bahan-bahan pembuat atap tadi tinggal disusun-susun hingga menutupi keseluruhan bagian atas rumah selesai. Akan tetapi karena kita membangun sebuah rumah hunian harus juga memikirkan sisi estetikanya, jadi tidak sembarangan dalam pembuatan atap rumah tersebut. Di era modern sekarang Model atap rumah minimalis lagi trend di masyarakat, bentuknya yang ringkas dan elegant menjadikan daya tarik pada jenis desain atap minimalis ini.

Model desain atap rumah minimalis sederhana
Model desain atap rumah minimalis sederhana

Ada 5 jenis model desain atap rumah minimalis yang umum dipakai sebagai referensi dan inspirasi jika anda ingin membangun rumah minimalis, yaitu :

    1. Bentuk atap Datar

Bentuk atap ini merupakan bentuk yang paling sudah dalam perawatannya karena jika terjadi kebocoran akan sangat susah untuk mendeteksi letak kebocorannya mungkin karena bentuknya yang mendatar horizontal. Biasanya jenis atap ini sering digunakan untuk menutup garasi mobil atau untuk balkon rumah sebagai penutup taman kecil. Kalau kata para ahli penting anda perhatikan sirkulasi ruangan yang ditutupi jenis atap ini agar lebih diperhatikan supaya suhu ruangan tidak terlalu panas. Berikut ini gambarnya :

Bentuk atap datar minimalis
Bentuk atap datar minimalis
    1. Bentuk Atap Sandar

Disebut atap sandar karena sisi atasnya bersandar atau menempel pada dinding bangunan (kantilever). Jenis atap sandar ini juga biasa disebut atap tempel. pada aplikasinya bentuk atap sandar ini biasa digunakan pada bangunan tambahan pada rumah.

Bentuk atap sandar (tempel)
Bentuk atap sandar (tempel)
    1. Bentuk Atap Pelana

Bentuk atap ini untuk segi desain memang tergolong standar dimana dua bidang miring yang bagian atasnya bertumpu atau bertemu pada satu bidang garis lurus sebagai penopang, bagian atas ini yang biasa kita sebut dengan bubungan. Akan tetapi jenis atap ini dianggap paling aman, karena jika terjadi kebocoran sangat mudah mendeteksi letak kebocorannya. Adapun sudut kemiringan yang biasa dipakai untuk jenis atap pelana ini adalah berkisar antara 30 hingga 45 derajat. Berikut gambarnya :

Bentuk atap rumah pelana
Bentuk atap rumah pelana
    1. Bentuk atap Perisai (Limasan)

Merupakan penyempurnaan dari Bentuk atap pelana, Bentuk atap perisai ini terbentuk dari dua bidang miring yang berbentuk trapesium yang memiliki kemiringan biasanya sama antara kedua bidang sisinya. Berikut tampilannya

Bentuk atap perisai minimalis
Bentuk atap perisai minimalis
    1. Bentuk atap kombinasi Pelana dan Perisai

Bentuk atap ini sesuai dengan namanya, anda tentu sudah tahu maksudnya yaitu merupakan kombinasi bentuk atap pelana dan perisa (trapesiuman) yang sudah diulas di point 3 dan 4 di atas. Bentuk atap ini juga biasa disebut orang bentuk atap patah atau bentuk joglo.

Bentuk atap kombinasi pelana dan perisai (trapesiuman)
Bentuk atap kombinasi pelana dan perisai (trapesiuman)

Dari bentuk-bentuk atap yang sudah diuraikan di atas bisa dibuat dari beberapa bahan pembuat atap, yaitu Genteng, Sirap, Rumbia, Ijuk, Genteng aspal, Beton bertulang, Polycarbonate,  PVC (Polyvinyl Chloride), Aluminium, Seng (Metal Bergelombang). Sedangkan jenis-jenis genteng yang biasa dibuat untuk rumah adalah :

  1. Genteng Tanah liat
  2. Genteng Metal
  3. Genteng Keramik
  4. Genteng aspal
  5. Genteng kaca

Demikian Beberapa bentuk atap rumah minimalis yang mungkin bisa memberikan pembelajaran untuk anda jika ingin membangun sebuah rumah hunian, kantor, toko atau bangunan property lainnya. Semoga Informasi yang sedikit ini bisa memberi manfaat untuk anda.

– See more at: http://rumahcemara.info/exterior/model-atap-rumah-minimalis-dan-jenis-jenisnya/#sthash.YwmVdugl.dpuf

Bagikan

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Like us
Categories