Arsitektur Futuristik atau futurisme dimulai pada awal abad ke 20 dengan bentuk bangunan yang ditandai oleh anti -historicism dan garis panjang mendatar, kecepatan, emosidan urgensi yang artistik dan gaya ini dimulai pada Italia dan berlangsung pada tahun 1909sampai 1944. Gaya ini dihidupkan oleh penyair itu Filippo Tommaso Marinetti, dan dia bekerja pada tokoh arsitektur terkemuka seperti arsitek Antonio Sant’Elia dan senimanUmberto Boccioni, Giacomo Balla, Fortunato Depero, Enrico Prampolini. pendukung bangunan futuristik menyarankan kecepatan, teori pengaruh energi dan ekpresi yang kuat, didalam usahanya untuk membuat zaman arsitektur yang modern.

Setelah permulaannya, Futurism telah menjadi suatu kata [yang] lebih umum untuk mengangkat kecenderungan yang luas dalam disain modern yang sangat ingin menciptakanarsitektur dengan gaya masa depan ataupun sedikitnya gaya yang akan datang 10 tahun kemasa depan. Futurism modern sebagian besar mulai dengan gaya desain pada mobil ataupunkereta pada tahun 1950 di California. Futurism adalah bukanlah suatu gaya tetapi suatu pendekatan terbuka ke arsitektur, dan telah ditafsirkan kembali oleh generasi arsitek yang berbeda dari beberapa dekade, tetapi pada umumnya ditandai dengan membentuk ketajaman, bentuk dinamis, kontras kuat dan penggunaan material yang berguna.

Futuristic mempunyai arti yang bersifat mengarah atau menuju masa depan.

  • Citra futuristic pada bangunan berarti citra yang mengesankan bahwa bagunan itu berorientasi ke masa depan atau citra bahwa bangunan itu selalu mengikuti perkembangan jaman yang ditunjukkan melalui ekspresi bangunan.
  • Fleksibilitas dan kapabilitas bangunan adalah salah satu aspek futuristic bangunan.

Fleksibilitas dan kapabilitas sendiri adalah kemampuan bangunan untuk melayani dan mengikuti perkembangan tuntutan dan persyaratan pada bangunan itu sendiri. Sedangkankemampuan untuk melayani dan mengikuti perkembangan jaman hanya bias diwujudkanatau diimplementasikan dalam penapilan dan ungkapan fisik bangunan

Menurut Haines (1950) dan Chiara dkk (1980) criteria diatas adalah :

  • Bangunan itu dapat mengikuti dan menampung tuntutan kegiatan yang senantiasa berkembang
  • Bangunan tersebut senantiasa dapat melayani perubahan perwadahan kegiatan, disini perlu dipikirkan kelengkapan yang menunjang proses berlangsungnya kegiatan
  • Adanya kemungkinan penambahan ataupun perubahan pada bangunan tanpa mengganggu bangunan yang ada dengan jalan perencanaan yang matang.

Futuristic sebagai core values atau nilai-nilai dasar BMW mengandung nilai-nilai yaitu; dinamis, estetis dan inovatif terutama dari segi teknologi yang dipakai (dinamis,canggih dan ramah lingkungan) dengan mengadopsi bentuk-bentuk bebas yang tidak terikatoleh bentuk-bentuk tertentu. Dalam futuristik juga perlu dipikirkan mengenai estimasi atau perkiraaan Pengenalan akan bangunan futuristic dapat dilakukan dengan pendekatan.Pendekatan sesuai dengan perkembangan kebutuhan manusia.

Salah satu cara untuk memprediksi tentang arsitektur masa depan adalah dengan mengikuti perkembangan arsitektur berteknologi tinggi yang berkembang setelah tahun 1960-an dengan ciri-ciri :

  • Kebenaran struktur
  • Bentuk bebas cenderung ke bentuk yang berhubungan dengan alam.

Dari analisa contoh-contoh bangunan maka dapat disimpulkan:

  • Proyeksi yang berupa hasil perhitungan menghasilkan sesuatu yang lebih baik.
  • Pendekatan dengan penemuan hal-hal yang baru.
  • Futuristic adalah lambang perubahan, dinamis dan menembus ruang tidak nampak.

Dalam ilmu arsitektur,teminologi arsitektur futuristic masih rancu atau belum dapatdigolongkan ke dalam criteria arsitektur modern, late modern maupun post modern. Latemodern iotu sendiri adalah mengambil ide dan bentuk dari modern movement, yangditampilkan secara ekstrim, berlebihan dan tidak natural. Imajinasi tentang teknologi bangunan menggambarkan usaha untuk mencapai kesenangan dan keindahan semata,sedangkan post modern menyelesaikan kemonotonan arsitektur modern denganmenggabungkan unsure-unsur moder dengan lainnya sehingga bersifat ganda. PedomanPerencanaan Berdasarkan Ungkapan Futuristik

Dengan melihat pengertian futuristik yang ada, maka diambil kesimpulan pedoman dalm perencanaan berdasarkan ungkapan futuristic, yaitu :

  • Mempunyai konsep masa depan terutama sesuai dengan paradigma perkembanganarsitektur.
  • Bentuk yang didapat bukan bentuk-bentuk tertentu saja, tetapi bentuk bebas yangdekonstruksi.
  • Memanfaatkan kemajuan di era teknologi melalui struktur dan konstruksimenggunakan strutur yang dekonstruksi.
  • Memakai bahan-bahan pre-fabrikasi dan bahan-bahan baru, seperti kaca bajaaluminium, dll
  • Memunculkan bentuk-bentuk baru dari arsitektur yang analog dengan musim,maksudnya adalah bentuk yang tidak bisa diduga sebelumnya, dinamis sebagaikonsekuensi dari perubahan.

Aqua Tower USA

aqua_tower_chicago

aqua-tower-studio-gang-architects157

Berada di sebelah timur Lakeshore Chicago Amerika Serikat, memiliki tinggi 250 meter dari tanah.

Konsep Fasad pada Hotel

11-2a002

14887_image_6-150

lalima-chemjong1

Interior Aqua Tower

08094891_1_0

trump-tower-model

Chicago Spire

070515_blog-uncovering-org_chicago-spire-2

the_chicago_spire_640

Fasad Gedung Futuristik

34973b3a93a47ffp63b3dot3e23353d453c

Fasad Bangunan Futuristik

denah gedung futuristik

denah gedung futuristik

Site Plan Gedung Futuristik - Chicago Spire

Site Plan Gedung Futuristik – Chicago Spire

Gedung yang memiliki 150 lantai ini berbentuksangat unik mirip dengan pencil, dibangun olehGarrett Kelleher, sampai saat ini sudah 800orang menginden untuk bisa tinggal diapartemen mewah ini.

Konsep Fasad Chicago Spire

Inspirasi Fasad Gedung

Inspirasi Fasad Gedung

“Menurut saya, gedung ini berawal dari inspirasi pusaran air pada sebuh titik poros tertentu, dan kembali membuktikan bahwa alam selalu memberikan inspirasi utama pada pemilihan sebuah tema bangunan “

chi_spire

Inspirasi polyginal simetris

Inspirasi polyginal simetris

Interior Chicago Spire

aiu_the_chicago_spire_web

interior-design-chicago-spire

 

Kesimpulan :

Bahwa konsep futuristik di dapatkan dari hal-hal yang kecil di sekitar kita yang di rasa hal tersebut tidak menarik sebelumnya. Konsep futuristik menjunjung hal biasa yang di jadikan menjadi hal yang menarik sehingga konsep ini berkesan tidak mendetail dan minimal terdapat corak atau ornamen pada aplikasinya.

Credit : https://interiorudayana14.wordpress.com/

GRANDI AMEDIO ADRIANZA

1004205087

Bagikan

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Like us
Categories