Jika Anda sudah pernah ke Paris atau melihatnya di foto, Anda akan mengenali berputar-putar, gerbang pabrik-seperti, dengan tulisan khas mereka, yang berfungsi sebagai jalan masuk untuk sistem kereta bawah tanah kota, atau metro , seperti yang dikenal di sana. Dari sekian banyak hal untuk Art Nouveau di Perancis, Gaya Metro tetap menjadi salah satu yang paling gigih, berkat Hector Guimard abadi desain ‘s untuk pintu masuk. Meluncurkan selama Paris World Fair pada tahun 1900, desain akan menjadi simbol dari gerakan Art Nouveau.

Tapi mulai tahun sebelumnya. Dari tahun 1880-an sampai Perang Dunia I, karya seni, objek desain, dan arsitektur di Eropa Barat dan Amerika Serikat tumbuh dengan berliku-liku, garis nakal. Mengambil isyarat dari Rococo kurva, motif grafis Celtic, master Jepang  Ando Hiroshige dan Katsushika Hokusai , dan  William Blake ‘s Songs of Innocence (1789), seniman Art Nouveau mengambil bentuk tanaman yang mereka lihat di alam dan kemudian diratakan dan disarikan menjadi elegan, motif organik.

 

Kisah Art Nouveau

 




 

Gerakan Awal

Istilah Art Nouveau pertama kali muncul dalam jurnal seni Belgia L’Art Moderne pada tahun 1884 untuk menggambarkan karya Les Vingt, masyarakat dari 20 seniman progresif yang termasuk  James Ensor . Pelukis ini menanggapi teori terkemuka oleh arsitek Perancis Eugène-Emmanuel Viollet-le-Duc dan kritikus Inggris John Ruskin, yang menganjurkan untuk kesatuan semua seni. Pada bulan Desember 1895, kelahiran Jerman pedagang seni Siegfried Bing membuka galeri di Paris bernama “Maison l’Art Nouveau.” Bercabang keluar dari keramik Jepang dan ukiyo-e cetak untuk yang telah menjadi dikenal, Bing dipromosikan ini “seni baru “di galeri, menjual pemilihan furnitur, kain, wallpaper, dan benda-benda seni .

Mendorong bentuk organik dan pola Art Nouveau mengalir dari satu objek ke yang lain, teori gerakan memperjuangkan koordinasi yang lebih besar dari seni dan desain. Sebuah kelanjutan dari ide-ide demokrasi dari Inggris  gerakan Seni dan Kerajinan , dorongan ini adalah sebagai politik seperti itu estetika. Ayah filosofis gerakan, Inggris desainer dan pengusaha William Morris , didefinisikan tujuan utamanya: “Untuk memberikan orang kesenangan dalam hal-hal yang mereka harus terpaksa digunakan, yang merupakan salah satu kantor besar dekorasi; untuk memberikan orang kesenangan dalam hal-hal yang mereka harus terpaksa make, yang adalah penggunaan lain itu. “Morris direndahkan kondisi kerja dibesarkan oleh revolusi industri dan membenci yang berkualitas rendah pernak-pernik yang dibuat oleh pabrik-pabrik dan mengumpulkan di rumah era.




Dia bersikeras bahwa desain fungsional dimasukkan ke dalam benda-benda dari kehidupan sehari-hari, dan campuran nya estetika dan etika menolak kualitas hias berat dari abad ke-19, khususnya rumit, ekses hampir mencekik dari periode Victoria. Gagasannya terwujud sebagai banyak rasa nasional yang berbeda. Di Skotlandia, ada Glasgow Style bujursangkar; di Italia,  Arte Nuova  atau  Stile Liberty , setelah perusahaan London Liberty & Co .;  Style nouille  ( “mie”) atau  coup de Fouet  ( “whiplash”) di Belgia; Jugendstil  ( “gaya muda”) di Jerman dan Austria; Gaya Tiffany di Amerika Serikat; dan di Perancis,  Style Metro ,  fin-de-siècle ,  dan  Belle Epoque .Untuk beberapa, Art Nouveau adalah gaya terpadu terakhir; untuk orang lain, itu bukan salah satu gaya, tapi banyak. Seperti dengan semua gerakan seni sampai akhir abad 20, itu didominasi oleh laki-laki. 

 

 

Pimpinan Art Nouveau

 

Mungkin orang yang terbaik menyatakan busur sejarah curam Art Nouveau ini, seperti api yang menyala terang tapi sebentar, adalah pemuda Inggris  Aubrey Vincent Beardsley , yang kepekaan sesat membuatnya sosok yang paling kontroversial dari Art Nouveau. Menemukan inspirasi dalam cara garang dari expat Amerika  James McNeill Whistler  dan Henri de Toulouse-Lautrec poster Japoniste ‘s, Beardsley memulai karir seni formal di hanya 19 tahun. Dirayakan  Pre-Raphaelite  pelukis  Sir Edward Burne-Jones  akan datang untuk mandi pujian pada gambar yang terlatih Beardsley ketika ia melihat mereka pada tahun 1891.

Beardsley India ilustrasi tinta untuk bermain Oscar Wilde  Salomé mendirikan banyak penting cita-cita Art Nouveau. Citra bayangan mereka, pola datar hias, kontras, dan dikendalikan namun menukik garis cepat memperoleh artis pengakuan internasional. Menggambarkan cerita Alkitab Herodes pemenggalan St. Yohanes Pembaptis permintaan Salomé, para menggambar untuk “J’ai Baise ta bouche, Iokanaan” menetes dengan citra erotis: lipatan kain, aliran darah, dan sulur rambut. Pada kanan bawah, bunga mekar evocatively dalam kegelapan, sementara bagian hitam di kiri atas tampaknya bergema dengan pikiran gelap dari Salomé cemberut. Berkat bakat-tidak formalnya menyebutkan kecenderungan nya untuk subjek erotis dan kadang-kadang pornografi materi-Beardsley menjadi batu ujian bagi beberapa artis Art Nouveau yang paling dikenal, meskipun kematian awal dari tuberkulosis pada tahun 1898.




Kiri: Aubrey Beardsley, The Climax , 1894. Image via Wikimedia Commons; Kanan: Foto dari lukisan Medicine oleh Gustav Klimt, melalui Wikimedia Commons.  

Sementara Beardsley adalah ajaib terlatih,  Gustav Klimt  menghadiri Wina Sekolah Seni dan Kerajinan ( Kunstgewerbeschule ) dan memulai karirnya sebagai ajaib pendirian. Karya awal Klimt, seperti mural nya untuk Burgtheater baru di Wina Ringstrasse, dipenuhi akademik dan borjuis harapan untuk seni dengan penggambaran naturalistik mereka adegan sejarah.

Tapi tidak semua pekerjaan Klimt cocok kendala ortodoks tersebut.Suasana cinta erotis dan seksualitas yang diresapi Wina sekitar tahun 1900 diberikan pengaruh yang kuat pada artis. Seperti filsuf Friedrich Nietzsche, Klimt melihat artis sebagai utusan kebenaran, bukan fantasi. Pada tahun 1894, dia melakukan komisi untuk mural di aula pertemuan dari University of Vienna. Daripada mewakili bidang Kedokteran dengan cara yang logis atau dibersihkan, karena ia diharapkan untuk melakukan, Klimt digambarkan kebingungan dan kegelapan, knotting bersama-sama tubuh telanjang dan menyandingkan perut hamil dengan kerangka terselubung.

Skandal yang terjadi pada akhirnya mengakhiri karir akademik Klimt, mendorong dia untuk menemukan dan melayani sebagai presiden pertamaSezession , kelompok Art Nouveau radikal di Wina yang membawa bersama-sama seniman, desainer, dan arsitek. Mereka berkolaborasi dalam prinsip dari  Gesamtkunstwerk , atau “total karya seni,” yang bertujuan untuk membangkitkan semangat spiritual melalui kombinasi keindahan dan utilitas.  Josef Hoffmann desain ‘s untuk ruang makan dari Brussels Palais Stoclet , yang termasuk spiral Klimt diisi mural arboreal, dicontohkan tujuan ini. 

Itu gaya potret ikonik, bagaimanapun, yang membuatnya mendapatkan tempat di jajaran bersejarah seni.  The Kiss  (1907), mungkin karyanya yang paling terkenal, menampilkan unsur-unsur dasar tetapi revolusioner idiom khas nya: mendatarkan bentuk dan berkembang desain kaya dalam patch dari daun emas diterapkan ke kanvas. Mewakili cinta sebagai keselarasan permukaan,  Kiss  mengunci tokoh sentral dalam bentuk konsentris, melilit tubuh pecinta ‘seperti permata di cincin emas.  Mereka merangkul, jubah berkilauan di sekitar mereka seperti membran, dan dinding bunga jatuh jauh. Erotisme cemas ini yang Klimt dikenal diresapi karya seniman berikutnya, termasuk anak didiknya  Egon Schiele .

Seni dekoratif membentuk landasan lain dari warisan Art Nouveau ini.Sementara Perancis adalah rumah bagi banyak terkenal figures- Georges de Feure ,  Édouard Colonna , dan Eugène Gaillard, antara lain-di sisi lain Atlantik,  Louis Comfort Tiffany  menjadi nama yang paling terkait dengan gerakan Art Nouveau di Amerika Serikat.

Pewaris kerajaan perak dari Tiffany & Co, sebuah perusahaan yang didirikan oleh ayahnya, Charles Lewis Tiffany, pada tahun 1837, Tiffany memulai karirnya sebagai pelukis. Setelah belajar di bawah  George Inness, ia mulai bekerja dengan seni dekoratif pada 1870-an. Didukung oleh pelanggan antusias di New York, ia menghasilkan interior yang rumit dan logam komplementer, enamel, pencahayaan, dan perhiasan.




Tapi Tiffany (serta pesaing utama nya, John LaFarge ) paling dikenal untuk fabrikasi inovatif kaca bertimbal yang menjadi fenomena khas Amerika. Dengan 1881, eksperimen dalam kimia telah menyebabkan perkembangan dari kaca dengan selesai opalescent yang menghasilkan melamun, kualitas susu cahaya. Penggabungan fitur dari real rumit Tiffany di Long Island, Laurelton Hall, mengungkapkan karyanya dalam mekar penuh, dengan jendela, ubin keramik, dan fitur arsitektur penggabungan ke dalam ceruk seperti taman. Pewarnaan gelasnya dalam berbagai warna dan menambahkan halus dicat rincian untuk itu sebelum menembak, Tiffany menciptakan tampilan revolusioner yang sangat sukses dan memungkinkan perusahaan untuk memperluas ke kerajaan seni dekoratif dan perhiasan yang berlanjut hari ini.

 

Mengapa Apakah Art Nouveau Cetakan?

Keberhasilan Tiffany dan seniman dekoratif lainnya memberi kesaksian tujuan Art Nouveau untuk menghancurkan hierarki antara seni.Munculnya cetak dan seni grafis sama maju penyebab ini dan, tidak seperti kreasi lebih rarified Tiffany, mereka bisa direproduksi untuk memperkaya kehidupan publik yang lebih luas. Artis Republik  Alphonse Mucharepresentasi ‘s dari  la femme nouvelle  (wanita baru berani) adalah gambaran dari media yang muncul dari iklan grafis, seperti orang-orang dari  Jules Cheret , yang khas Belle Epoque desain menyebabkan keberadaannya dianggap sebagai bapak poster yang modern . Bahkan pelukis berbakat seperti Henri de Toulouse-Lautrec dan  Jan Toorop menjadi sebagai terkenal karena seni grafis mereka seperti untuk kanvas mereka.

Setelah visi Eugène-Emmanuel Viollet-le-Duc, arsitek digunakan baja dan bahan modern lainnya untuk menciptakan kosakata baru yang menampilkan bentuk melengkung dan kantilever. The hati Malai House oleh  Henry van de Velde  dan  Victor Horta , yang terakhir seorang murid Belgia berbakat dari kedua Morris dan Viollet-le-Duc, tetap menjadi puncak dari desain arsitektur cairan ini. Contoh luar biasa lainnya datang dari  Charles Rennie Mackintosh  dan Margaret Macdonald di Skotlandia;  Otto Wagner  di Austria;  Louis Sullivan  di Amerika Serikat;dan ditiru  Antoni Gaudi , yang dikenal untuk Casa Mila dan Sagrada Familia, di Spanyol Catalonia.

 
Kiri: Antoni Gaudi, Casa Mila . Foto oleh deming131, melalui Flickr; Kanan: Hector Guimard, Style Metro . Foto oleh zoetnet, melalui Flickr.  

Art Nouveau menjembatani kesenjangan penting antara estetika abad ke-19 dan desain abad ke-20.  Wassily Kandinsky  dan  Ernst Ludwig Kirchner , misalnya, dua pelukis modern yang ikonik, bekerja di  Jugendstil sebelum bergerak menuju gaya pribadi mereka sendiri. Tapi, secepat itu berkembang di lanskap estetika Barat, Art Nouveau mulai layu di awal abad 20. Pada akhirnya, reputasi gerakan untuk dekadensi melaju wedge yang tidak diinginkan antara orang kaya dan pekerja terampil. The mengalir, karakter bunga yang dulu dipuji menjadi kewajibannya, memimpin ilustrator Inggris  Walter Derek  untuk mengutuknya sebagai “penyakit dekoratif aneh” pada awal tahun 1903. Pada 1920, para  gaya coup de Fouet , atau whiplash, telah lemas berganti nama menjadi  gaya branche de persil , atau setangkai peterseli.

-George Philip LeBourdais

Gambar sampul: Gustav Klimt,  Portrait Adele Bloch-Bauer , 1907. Image via Wikimedia Commons.
Portraits via Wikimedia Commons.
Timeline: Foto Gaya Metro oleh Ganymedes Costagravas, melalui Flickr;Beardsley dan Steinlen gambar melalui Wikimedia Commons.

Sumber :

https://www.artsy.net/article/artsy-editorial-what-is-art-nouveau

Bagikan

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Like us
Categories