Dalam merenovasi rumah, pastinya adan akan membutuhkan jasa tukang. Namun, jangan sampai salah pilih sebab tak semua berkualitas baik.

Tak dapat di pungkiri bahwa jasa tukang sangatlah dibutuhkan dalam merenovasi rumah. Ada dua sistem pembayaran upah yang di terapkan dalam membayar tukang, yaitu sistem borongan dan sistem harian. Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan.

Sebelum anda memulai mengerjakan pembangunan, ada baiknya anda mengetahui karakter tukang terlebih dahulu. Jangan sampai salah pilih agar biaya yang di keluarkan tidak membengkak dan hasilnyapun sesuai dengan keinginan anda.

TUKANG BORONGAN

Dalam menggunakan jasa tukang borongan, terdapat dua pola pembayaran. Pertama, tukang borongan yang meliputi pembelian material dan yang kedua tukang borongan yang tidak bersamaan dengan material. Pada pola yang kedua, andalah yang membeli material nya. Anda hanya membayar tenaga dari tukang, sementara materialnya tetap anda siapkan sendiri.

Namun, banyak orang yang menggunakan pola pertama karena dianggap lebih praktis. Jika anda akan menggunakan sistem borongan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kerja tukang bisa lebih efisien.

Karakteristik tukang borongan biasanya mereka ingin cepat rampung dalam bekerja. Alhasil, kualitas pekerjaanya acap kali diabaikan. Pada sistem ini, anda perlu membuat jadwal para tukang agar pekerjaan mereka lebih terorganisir.

Dari sisi harga, biaya borongan pola yang tidak bersamaan dengan material relatif lebih murah dibanding dengan pola borongan material. Namun, besaran biaya keduanya tetaplah tergantung dari luas bangunan yang di bangun.

TUKANG HARIAN

Pada sistem harian ini, sebaiknya dilakukan jika anda memiliki waktu yang cukup untuk mengawasi kinerja para tukang. Sebelum menggunakan jasa tukang harian, sebaiknya anda siapkan terlebih dahulu materil dan gambar kerja mengenai apa saja yang perlu di bangun dan dirobohkan agar tidak ada bongkar pasang yang akan merugikan dari segi biaya dan waktu. Atau Anda dapat menghubungi saya di sini http://rumahwaskita.com/kontak/ .

Hal ini dilakukan guna mengefisienkan waktu kerja tukang sebab semakin molor waktu pekerjaan, akan semakin besar pula biaya yang anda keluarkan.

Bila pekerjaan tukang tidak memuaskan di tengah hari, misalnya hari ke-2, anda dapat langsung menghentikan pekerjaan dan mengganti tukang yang lain tanpa harus menunggu hingga pekerjaan selesai.

Sebaiknya, anda gunakan tukang harian untuk pekerjaan kecil, seperti mengganti letak pintu, letak keramik lantai, atau mengecat ruang kecil. Jangan lupa buat kontrak kerja dan perjanjian yang jelas, terutama yang terkait dengan waktu pengerjaan. Jangan sampai mencapai waktu yang melewati batas.

Sebelum akhirnya memilih salah satu sistem, hendaknya pikirkan dulu waktu anda. Bila anda tak memiliki banyak waktu untuk mengawasi, sebaiknya pilih jasa tukang borongan, namun anda tetap harus sesekali melihat perkembangan sampai mana proses pembangunannya.

Atau Anda bisa hubungi saya di http://rumahwaskita.com/kontak/

 

 

Bagikan

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Like us
Categories