Banyak orang terutama Anda yang modern dan mempunyai banyak kesibukan memilih rumah dengan gaya yang sederhana dan alami untuk mendukung fungsi dan kenyamanan di dalam rumah. Jika Anda menginginkan rumah semacam ini, Anda bisa mengambil inspirasi dari interior gaya Skandinavia yang memang memberikan titik berat pada fungsi, kealamian bahan, bentuk sederhana, dan pencahayaan lembut tanpa peletakan ornamen yang berlebihan. Gaya interior ini banyak diterapkan di negara Barat.

Image

 

 

Jika Anda ingin menerapkan desain interior ini di dalam rumah Anda, ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui yang merupakan keistimewaan yang muncul pada desain interior dengan gaya Skandinavia. Salah satu ciri khas yang sering muncul pada rumah bergaya Skandinavia adalah aplikasi lantai kayu terutama dengan warna yang cenderung pucat dan tidak gelap. Selain lantai kamar mandi, seluruh permukaan lantai di rumah gaya Skandinavia tertiutup oleh kayu.

Selain itu, ada ciri khas dalam interior gaya Skandinavia berupa dinding yang didominasi dengan warna putih, abu-abu, atau biru yang mencerminkan karakter dan suasana bangsa Skandinavia. Dengan mengusung kealamian bahan, rumah dengan gaya Skandinavia biasanya juga akan banyak menggunakan bahan bangunan dari kayu. Selain bangunan, furnitur yang dipasang di dalam rumah juga didominasi dengan furnitur berbahan kayu yang memberikan kesan alami dan hangat dalam sebuah hunian.

 

sumber : http://www.popeti.com/artikel/architecture/tips-mendesain-interior-gaya-skandinavia/

diakses pada : 15 Mei 2014 9:12 AM

 

Ciri-ciri lain dari interior desain ala Skandinavia yakni bentuknya yang minimalis yang dilambangkan dengan garis-garis. Bentuk yang sederhana dan tegas ini juga direpresentasikan dalam desain arsitekturnya serta furniture yang ada di dalam rumah tersebut.Selain itu, interior ala Skandinavia lebih menitik-beratkan pada fungsinya untuk menyajikan kenyamanan bagi seluruh penghuni rumah. Sehingga, penataan ruang pun lebih banyak didesain agar tidak menyulitkan ruang gerak pemilik rumah. Dengan demikian, orang yang berada di dalamnya akan merasa nyaman dan betah di dalam ruangan.

ImageImageImage

sumber :http://gilanganggarapaksa.wordpress.com/

diakses pada : 15 Mei 2014 9:23 PM

Dari segi furnitur, ada berbagai jenis furnitur yang sering diaplikasikan dalam gaya interior khas Skandinavia. Furnitur usang dari Alvar Aalto, Arne Jacobsen, dan Hans Wegner mempunyai kecantikan yang dianggap mengusung jiwa Skandinavia dan sangat diminati hingga saat ini. Mengingat daerah Skandinavia mempunyai musim dingin yang sering datang dengan suhu yang ekstrem. Anda tidak akan kesulitan menemukan perapian yang ditempatkan di sudut ruang untuk menghangatkan rumah selama musim dingin berlangsung. Meskipun bukan hal awam untuk meletakkan perapian di rumah tropis, Anda akan mendapatkan interior desain menyerupai gaya khas Skandinavia dengan satu sentuhan ini.

ImageImageImage

sumber :http://rumahdezain.blogspot.com

diakses pada : 15 Mei 2014 9:31 PM

 

Orang-orang Swedia sangat peka terhadap perubahan iklim yang saat ini tengah terjadi. Maka dari itu mereka berusaha untuk menghemat penggunaan energi di rumah. Salah satu usaha mereka untuk menjadi ramah terhadap lingkungan yakni memasang kaca lapis 3 pada beberapa bagian rumah, memberi sekat antara dinding dengan langit-langit, serta penggunaan pompa air hangat yang bersumber dari panas bumi. Hal-hal semacam ini sangat lazim di temui di Swedia.

ImageImage

sumber : http://www.scandinaviandesigncentre.com 

diakses pada : 15 Mei 2014 9:38 PM

Dari tips-tips diatas dapat disimpulkan bahwa desain skandinavia sangat dipengaruhi oleh iklim-iklim dan budaya dari daerah skandinavia.Mulai dari warna,penggunaan furniture dan penaruhan aksen-aksen pada ruangan serta keramahan lingkungan dikaitkan oleh ikli cuaca dan kegiatan keseharian penghuninya.

Bagikan

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Like us
Categories